Opini No 7 Gelang Ethnic Si Cantik yang tak dilirik


         Di kampus bakrie ketika aku masih aktif sebagai mahasiswa ada sebuah lemari kayu yang tertutup kaca didepannya,disitu tertulis sebuah tulisan "pojok wirausaha".bisa ditebak dari namanya kalo pojok wirausaha ini menampung karya mahasiswa yang ingin bergelut di bidang wirausaha.ada satu hal yang menarik perhatianku,yaitu gelang etnik yang mungkin terbuat dari biji bijian dan ada yang terbuat dari manik manik,kulit kerang dll.



         Gelang gelang semacam ini aku sering lihat dijajakan ketika himpunan mengadakan acara semisal kewirausahaan,industri kreative dsb.namun pernak pernik itu jutru tidak berasal dari mahasiswa pojok kewirausahaan melainkan berasal dari sponsor,dan itupun jarang dilirik orang.


Sepintas jika aku melihat desainya tidak ada yang salah..cukup eksotis,unik dan jika kita pakai akan kelihatan tampil beda.namun kenapa si cantik ini kurang dilirik?.


          Karena aku belajar management,akupun mencoba menelaahnya dari sudut pandang management..yaitu konsep sustainable competitive advantage,kerangka analisisnya adalah suatu framework yang kita kenal VRIO (Value,Rarity,Inovability,Organize) mari kita kupas satu persatu,.1.Value.dari sisi nilai gelang etnis ini tidak ada bedanya dengan gelang lainya,baik secara fungsi maupun ketahanan namun nilai lebihnya adalah ada kesan etnik yang ingin ditonjolkan.2.Rarity.dari segi kelangkaan penggunaan gelang etnik ini masih jarang sehingga kemungkinan pemalsuan atau penjiplakan masih minim 3.Inovability.disinilah salah satu kelemahan dari gelang etnik yang bersangkutan,tidak ada pembaharuan baik dari segi desain maupun fungsi,masyarakat kita masih terpenjara pada pemikiran kalo barangnya gelang ya fungsinya gelang.Hal inilah yang menyebabkan cara pandang kita terkungkung pada paradigma lama.4 Organize.dari segi market,pasaran umkm ini tidak berani menggebrak dengan menggunakab artis kelas atas yang notabene mungkin akan mahal tapi akan menjadi brand ambassador yang baik.kurangnya modal menjadi alasan klasik.namun pointnya adalah bagaimana mengemas dia tetap elegan,eksotis dan berkelas adalah kunci utamanya.
Dari hasil cuap2 diatas jelas kelemahan si cantik lebih pada inovasi dan cara penyajianya.keripik jika dibuat inovasi nyeleneh dan cara pemasaran unik dapat laku keras..liat aja maicih,kenapa gelang etnik tidak ;)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Opini No 7 Gelang Ethnic Si Cantik yang tak dilirik"

Post a Comment