Management No 10 Apa sih fungsi leading dalam manajemen??

Leading (Pengarahan)

Leading (Pengarahan) meliputi setiap  pengaruh yang digunakan untuk membuat orang terdorong untuk menjalankan tugas/pekerjaannya demi tercapainya tujuan bersama yang diinginkan.

Pengaruh ini sendiri dapat bersumber dari pengaruh sosial (jabatan,skill dll) dan Informal (senioritas,wibawa dll).Seorang manajer jika ia adalah pemimpin yang baik maka para bawahanya akan berusaha dengan senang hati dan bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuan organisasi.

Studi ilmu perilaku pada dasarnya telah memberikan banyak sekali kontribusi kepada manajemen dalam kaitan dengan hal ini.Ilmu perilaku (seperti Psikologi,komunikasi dan leadership dll),telah banyak  membantu memahami perilaku pegawai.

Ilmu ini juga sangat penting bagi seorang manajer karena ia memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mengarahkan karyawan.Salah satu contoh,salah satu penelitian di ilmu perilaku menemukan bahwa agar seorang manajer dapat mengarahkan para bawahanya secara efektif,maka hal pertama yang harus mereka pahami adalah pegawai mereka sendiri.Pemahaman pegawai ini meliputi,kepribadian,nilai dan norma yang mereka junjung,tingkah laku dan emosi

Hasil penelitian terhadap motivasi dan teori tentang motivasi memberikan informasi penting tentang cara-cara apa yang dapat dipergunakan oleh seorang manajer agar para pekerjanya dapat didorong untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi.Hasil penelitian ilmu komunikasi memberikan kita arahan mengenai bagaimana seorang manajer dan secara efektif dan persuasif berkomunikasi dengan para bawahanya.


Studi tentang kepemimpinan dan gaya kepemimpinan memberikan kita jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penting seperti “apa yang membuat seorang manajer menjadi pemimpin yang baik? Dan dalam situasi seperti apa suatu gaya kepemimpinan menjadi tepat dan efektif?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Management No 10 Apa sih fungsi leading dalam manajemen??"

Post a Comment