Management No 9 Apa sih fungsi pengorganisasian dalam manajemen?

Perngorganisasian

Pengorganisasian adalah suatu fungsi dalam manajemen yang meliputi kegiatan pengembangan struktur organisasi dan pengalokasian sumber daya manusia dalam rangka memastikan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai.

Pengorganisasian memastikan penggunaan sumber daya dengan efektif
Struktur dari organisasi pada dasarnya merupakan suatu kerangka kerja dimana didalam kerangka tersebut setiap kegiatan dikordinasikan.Struktur organisasi ini biasanya digambarkan dengan chart yang menunjukan representasi rantai komando dalam organisasi itu sendiri.Keputusan yang diambil terhadap penentuan bentuk/struktur dari suatu organisasi dikenal dengan istilah Organizational Design (Desain organisasi).

Pengorganisasian juga meliputi hal-hal lain seperti design/penentuan pekerjaan tiap individu dalam suatu organisasi.Keputusan harus diambil untuk menentukan tugas dan kewajiban dari tiap individu dan bagaimana pekerjaan tersebut dijalankan.Keputusan yang diambil untuk menentukan jenis pekerjaan dalam suatu organisasi sering dikenal dengan istilah “Job Design”.

Pengorganisasian pada level organisasi meliputi beberapa tindakan seperti menentukan bagaimana desain departemen yang paling baik (dalam hal ini,yang dimaksud adalah menentukan berapa banyak dan jenis departemen apa saja yang paling dibutuhkan oleh organisasi itu sendiri,hal ini karena masing-masing organisasi memiliki kebutuhan akan pos-pos yang berbeda).

Secara teoritis,terdapat banyak cara untuk menentukan bentuk departemen ini (dikenal juga dengan istilah Departementalization).Penentuan departemen dapat dilakukan dengan mempertimbangkan fungsi,produk,kondisi geografis ataupun konsumen.Kebanyakan organisasi yang besar menggunakan lebih dari satu metode dalam melakukan departemenisasi ini.

Pengorganisasian pada level pekerjaan tertentu meliputi bagaimana mendesign pekerjaan individu agar dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang ada secara efektif.Secara tradisional,Job design sendiri selalu menyandarkan diri pada prinsip division of labor (pembagian kerja) dan spesialisasi,yang mana hal ini menggunakan asumsi bahwa semakin sempit (spesifik) konten pekerjaan yang ditangani oleh satu individu maka akan semakin baik individu tersebut menjalankan pekerjaanya.

Akan tetapi,pengalaman telah menunjukan bahwa selalu ada kemungkinan suatu pekerjaan menjadi terlalu sempit (spesifik) dan terspesialisasi.Sebagai contoh,”apa yang  kamu rasakan jika diharuskan untuk melakukan pekerjaan memasang baut setiap hari di sebuah perusahaan motor selama berpuluh-puluh tahun?Ketika hal semacam ini terjadi,kebanyakan akan menimbulkan hasil yang buruk,hal ini termasuk penurunan kepuasan kerja dan komitmen organisasi,peningkatan ketidakhadiran dan keluar masuknya pekerja.

Dewasa ini banyak organisasi yang berusaha untuk menyeimbangkan antara kebutuhan pekerja untuk melakukan spesialisasi dan kebutuhan pekerja untuk memiliki pekerjaan yang mandiri dan bervariasi.Banyak pekerjaan yang sekarang ini didesain berdasarkan prinsip seperti Empowerment (delegasi kerja),Job Enrichment dan teamwork.


Note : Job Enrichment pada dasarnya adalah suatu teknik untuk meredesign pekerjaan sehingga pekerja memiliki lebih banyak kontrol terhadap bagaimana pekerjaan mereka itu dilaksankan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Management No 9 Apa sih fungsi pengorganisasian dalam manajemen?"

Post a Comment